Router Gateway

Lab kali ini Router Gateway berfungsi agar router kita tersambungke Internet.Setelah melakukan konfigurasi DHCP Client seharusnya kita sudah tersambung ke Internet.Namun hal itu belumcukup jika kalianingin melakukan browsing atau melakukan aktivitas online lainya kalianharusmelakukan konfigurasi router gateway agar client kalian terhubungkeinternet.Fungsi dari router gateway ini menopengi(mengamankan) IP kita dari IP Public agar data-data pada client kita tidak bisa terlihat oleh IP Public.

Pertama Kita akan membuat konfigurasi DHCP-Client

Berikut ini adalah Langkah-langkah untuk membuat MikroTik menjadi DHCP Client.

Buka Winbox

Pilih IP>DHCP Client

Setelah itu akan muncul , lalu Klik [+]

Pastikan settinganya seperti berikut, untuk Interface arahkan ke Port yang terhubung ke Internet yaitu Ether1. Lalu Klik OK.


 Apabila berhasil akan seperti dibawah ini, statusnya akan menjadi Bound


Lalu buka IP>Address, apabila DHCP Client berhasil maka kita akan mendapatkan IP dari Router yang menjadi DHCP Server.

apabila kalian telah mengkonfigurasi DHCP Client pada Mikrotik, seharusnya Mikrotik dapat terhubung dengan jaringan Internet. contohnya seperti berikut


Tetapi apabila dari sisi Client yang melakukan ping maka hasilnya akan RTO


Cara konfigurasi Router Gateway sangat mudah, kita hanya harus menambahkan Firewall NAT , caranya adalah sebagai berikut:

IP>Firewall>NAT[+]

Lalu klik pada Tab Action, dan Actionya adalah Masquerade, masquerade berfungsi untuk menopengi kita di Internet, jadi internet tidak tau kalau kita yang mengakses Internet, internet mengira bahwa Routerlah yang mengakses Internet.


lalu coba test dengan melakukan ping dari Computer Client ke www.google.com

Dan hasilnya akan reply, yang menandakan bahwa Client sudah dapat mengakses internet.