Virtual Access Point

Virtual Access Point Adalah Fitur Wireless Mikrotik yang memungkinkan kita untuk membuat Interface yang bersifat Virtual sehingga kita dapat membuat lebih dari 1 SSID meskipun RouterBoard kita hanya mempunyai 1 Interface Wireless RealVirtual AP disini juga membutuhkan master interface yaitu Interface wlan real. Untuk Langkah Langkahnya berikut ini (saya akan membuat 2 SSID pada Router jenis RB941 yang hanya mempunyai 1 Wireless)

1.Login Mikrotik dengan Winbox

2.Selanjutnya Masuk ke Wireless dan Pada  Tab  Interface enabled pada Interface wlan, kita akan membuat SSID pada Real dulu, dengan cara pada Interface wlan1 di klik 2x

Lalu saya membuat dengan mode AP Bridge, lalu isikan SSID sesuai keinginan,dan pilih Security Profilenya kalian bisa pilih Default atau Security Profile yang kalian buat






3.Lalu saya akan Buat Virtual Access Point, caranya masuk ke Wireless, pada Tab [+] da akan muncul 3 pilihan yaitu Virtual AP, WDS, dan Nstreme Dual, kita pilih Virtual AP dan akan muncul Jendela interface . Lalu kita beralih dari tab general ke tab Wireless.

Dan pilih modenya, saya akan memilih AP Bridge dan isikan SSID sesuai keinginan,pada master Interface pilih Interface wlan real yaitu wlan 1, dan untuk Security Profilnya

Dan bisa kita lihat pada Wireless>Interfaces ,apakah Virtual AP sudah tertambahkan.

Lalu kita Cek apakah Virtual AP bekerja atau tidak, saya akan coba menghubungkan dengan Smartphone milik saya.