Wireless Router Gateway


 Router Gateway Wireless, menggunakan interface wlan untuk sumber internetnya, dan perbedaanya juga kita harus melakukan konfigurasi Wireless Station/Station Bridge sebelum melakukan konfigurasi DHCP-Client. Tidak usah panjang lebar mari kita lakukan konfigurasi Wireless Router Gateway dengan melakukan beberapa langkah berikut ini. Dan kita akan Gunakan Topologi seperti ini

 


1.Remote dan Login ke Mikrotik.

2.lalu buat konfigurasi Station Bridge/Bridge terlebih dahulu,

disini saya menggunakan mode Station karena sumber internet saya adalah Router bervendor Mikrotik

 

3.lalu kita buat konfigurasi DHCP Client seperti biasanya, tetapi kali ini interface DHCP Client nya adalah interface wlan. Dan pastikan status DHCP Clientnya Bound dan pastikan kalian mendapat IP dari DHCP Client itu

 



4.lalu kalian buat konfigurasi IP Address Pada Client, disini pada ether2 saya beri IP Address 192.168.30.1/24

 


dan buatlah DHCP Server pada interface yang terhubung ke Client,disini ether2.


5.setelah DHCP Server dibuat sekarang kita lakukan konfigurasi Firewall NAT Masquerade pada interface wlan yang terhubung ke Internet.

 



6. jika kalian sudah melakukan seluruh langkah-langkah diatas, berarti konfigurasi Wireless Router Gateway telah selesai. Lalu kita lakukan konfigurasi IP pada Client, dan buat Client mendapatkan IP Dynamic dari DHCP Server .

Sekarang kita tinggal uji, apakah bekerja sesuai keinginan kita atau tidak. Disini saya akan membuka situs Youtube

 


Dan hasilnya saya dapat mengakses Internet, itu artinya Konfigurasi Wireless Router Gateway kita berhasil.